Pengalaman Men-download Lagu secara Gratis dan Legal

Pembajakan telah merajalela di mana-mana di belahan dunia mana pun, ya di barat, di timur, di mana-mana, pasti selalu ada pembajakan. Pembajakan itu jenisnya banyak sekali seperti musik, film, software, dll. Pembajakan tidak ada hentinya karena orang ingin yang gratisan. Tidak ada obat yang mujarab untuk menghentikan pembajakan secara instan. Tetapi, saya tidak akan berbicara panjang lebar tentang ini, saya hanya ingin sharing tentang pengalamanku men-download lagu, tidak hanya gratis, tetapi juga LEGAL!

Oke, tanpa basa-basi lagi saya akan memulai sharing-nya. Kira-kira tiga minggu yang lalu di malam yang sangat sangat dingin (maklum, saya tinggal di lereng Gunung Ungaran) saya melihat Facebook fanpage nya 7Icons lewat BlackBerry punya teman saya. Saya sangat menyukai news feed yang terdapat di kronologi FP tersebut, sampai-sampai menemukan dua news feed yang isinya ajakan untuk men-download lagu Cinta 7 Susun dan Pemberi Harapan Palsu (PHP) lewat Soundcloud-nya Anda Wardhana yang juga pencipta dua lagu tersebut yang salah satu ciptaannya sering nongol di bagian kredit awal sama akhir sinetron yang judulnya sama itu lhoooo... Saya lalu meng-klik link yang terdapat pada kedua news feed tersebut dan mendengarkannya. Dan... wooooow *sambil membuka mulut lebar-lebar seperti orang bengong tanpa dosa* lagunya sangaaat membuat saya berjoget seperti saat menonton konser dangdut koplo. Saya lalu Saya sebenarnya ingin sekali punya lagu Cinta 7 Susun saja, tetapi karena Soundcloud tidak seperti 4shared dan antek-anteknya. Maksudnya, tidak bisa download lagu sepuasnya. Kalau mau download, hanya 100 orang pertama yang boleh nyedot. Selebihnya, tidak boleh. Tujuannya ya tentunya biar gak dikira penyedia musik bajakan (S.O.M=Save Our Music).

Saya berpikir sejenak, lalu membuka akun Twitter nya sang pencipta lagu yang terdapat di bagian informasi lagu tersebut. Saya melihat tweet nya sampai puoooooooool dan menemukan cara untuk men-download lagu tersebut secara gratis dan juga legal, yaitu me-request lagu tersebut lewat e-mail nya SECARA LANGSUNG! Tetapi, itu semua tergantung dari sang penciptanya sendiri, apakah dia sibuk atau tidak. Awalnya, saya mengirim request-an lagu via twitter. Terus dia memensyen saya, katanya kalau mau request lewat e-mail saja dan itupun gak langsung, harus menunggu kira-kira 1-2 hari karena dia masih berada di luar kota dan sinyalnya jelek (emang begitu katanya, Masalah Buat Loh?).

Lalu saya mengirimkan e-mail yang berisi me-request lagunya Cinta 7 Susun kepada sang pencipta lagu tersebut. Setelah menunggu lama, keesokan paginya request-an lagu tersebut mampir di inbox e-mail BB temanku dan langsung disedot sampai habis, lalu di-kirim lagi lewat jasa "Gigi Biru" ke lappy kesayanganku. Udah gitu aja ceritaku. Ribet sih, tapi ini cara terbaik untuk mendapatkan lagu secara legal dan juga GRATIS!!!

NB:
1. Kalo pengen lagunya 7Icons yang Cinta 7 Susun dan/atau PHP silakan request ke e-mailnya langsung di: andawardhana24@gmail.com ya, dan tunggu kira-kira 1-2 hari. Tapi ingat satu hal, DILARANG KERAS ME-REUPLOAD KEDUA LAGU TERSEBUT, SOALNYA KASIHAN SI PENCIPTANYA, UDAH CAPEK-CAPEK BUAT MALAH LAGUNYA DIBAJAK PULA!!!

2. Kalau kepengen hanya mendengarkan lagu saja dan gak pengen request, silakan meluncur saja ke gambar-gambar ber-link dibawah ini (tergantung koneksinya apakah cepat atau lambat, soalnya kalo koneksinya cepat gak bakalan buffering *ya iyalaah*)

- Cinta 7 Susun



 - Pemberi Harapan Palsu



Sekian dulu sharing dari saya dan good bye in the next surprise, eh, entry...! (Entri/artikel ini saya dedikasikan untuk semua teman-temanku yang sangat ingin memiliki lagunya 7Icons yang Cinta 7 Susun dan PHP, dan juga seluruh radio di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang belum memiliki kedua lagu tersebut.)

--- We are the Icons! ---

Komentar

Postingan Populer